ANTAREZ CORPORATED: Kiat Memperkokoh Ukhuwah

WELCOME TO MY BLOG

SALAM GEOGRAFI

WELCOME TO MY BLOG!!!

ENJOY THE TRIP

Minggu, 18 Juli 2010

Kiat Memperkokoh Ukhuwah

Ukhuwah adalah sebuah jalinan persaudaraan yang tumbuh karena iman yang kuat kepada Allah. Boleh dikatakan, inilah bentuk hubungan sesama manusia yang paling hakiki, karena tidak dilandasi oleh sesuatu yang nisbi. Nah, untuk mendapatkan sesuatu yang demikian itu, beberapa tips ini bisa kita gunakan!
1. Memberitahukan kecintaan kita kepada orang yang kita cintai
Diriwayatkan oleh Anas bin Malik, "ada sesorang  yang disamping Rasulullah. lalu seorang sahabat berlalu didepannya. Orang yang disamping Rasulullah tadi berkata, 'aku menyintai dia, ya Rasulullah.' lalu Nabi menjawab, 'belum.'
Kemudian Rasulullah bersabda, 'beritahukan kepadanya seraya berkata aku menyintaimu karena Allah. Kemudian orang yang dicintaimu itu menjawab, semoga Allah menyintaimu karena engkau menyintaiku karena Nya."
2. Mohon didoakan bila berpisah
"Tidaklah seorang hamba mukmin berdoa untuk saudaranya dari kejauhan melainkan malaikat berkata, 'dan bagimu juga seperti itu."
3. Menunjukan kegembiraan dan senyuman bila berjumpa
"Janganlah engkau meremehkan kebaikan (apa saja yang datang dari saudaramu), dan jika kamu berjumpa dengan saudaramu maka berikan dia senyuman kegembiraan." (HR.Muslim)
4. Berjabat tangan bila berjumpa
"Tidak ada dua orang mukmin yang berjumpa lalu berjabat tangan, melainkan keduanya diampuni dosanya sebelum berpisah."(HR.Abu Daud dari Barra)
5. Sering silaturahim
Imam malik meriwayatkan: berkata Nabi SAW bahwa Allah berfirman, "pasti akan mendapat kecintaanKu orang - orang yang mencintai karena Aku, dimana keduanya saling berkunjung karena Aku dan saling memberi karena Aku."(HR.Imam Dailami dari anas)
6. Memberikan hadiah pada waktu - waktu tertentu
"Hendaklah kalian saling memberi hadiah karena hadiah itu dapat mewariskan rasa cinta dan menghilangkan kekotoran hati."(HR.Imam Dailami Anas)
7. Memerhatikan saudaranya dab membantu keperluannya
"Siapa yang meringankan beban penderitaan seorang mukmin didunia, pasti Allah akan meringankan beban penderitaannya diakhirat kelak..."(HR. Muslim)
8. Mengucapkan "selamat" berkenaan dengan saat - saat keberhasilan
"Barangsiapa mengucapkan selamat kepada saudaranya ketika saudaranya mendapatkan kebahagiaan, niscaya Allah menggembirakannya pada hari kiamat."(HR.Thabrani)

Tidak ada komentar: