ANTAREZ CORPORATED: TUGAS Perkembangan Peserta Didik

WELCOME TO MY BLOG

SALAM GEOGRAFI

WELCOME TO MY BLOG!!!

ENJOY THE TRIP

Selasa, 21 Desember 2010

TUGAS Perkembangan Peserta Didik

Pertumbuhan
Perubahan yang menyangkut pertumbuhan fisik, peningkatan jumlah sel, ukuran, kuantitatif, tinggi badan, berat badan, ukuran tulang, gigi individu.
( sumber: konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, Ns. Anisah Ardiana, S. Kep.)

Perkembangan
Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan berkesinambungan dan progresif dalam organisme, dari lahir sampai mati (Chaplin C.P.,1989:134). Sedangakan Hurlock E.B. (1978:23) menyatakan bahwa “Perkembangan dapat didefinisikan sebagai deretan  progresif dari perubahan yang teratur dan koheren “.”Progresif “ menandai bahwa perubahannya terarah, membimbing mereka maju, dan bukan mundur. “Teratur” dan “ koheren” menunjukan hubungan yang nyata antara perubahan yang terjadi dan telah mendahului atau mengikutinya.
Ini berarti bahwa perkembangan juga berhubungan dengan proses belajar terutama mengenai isinya yaitu tentang apa yang akan berkembang berkaitan dengan perbuatan belajar. Disamping itu juga bagaimana suatu hal itu dipelajari, apakah melalui memorisasi (menghafal) atau melalui peniruan dan atau dengan menangkap hubungan-hubungan, hal-hal ini semua ikut menentukan proses perkermbangan.
Dapat pula dapat dikatakan bahwa perkembangan sebagai suatu proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi terjadi berdasarkan proses pertumbuhan, kemasakan, dan belajar.
( sumber: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Drs. H. Syamsu Yusuf LN. Pd.)
PERSAMAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
            Pada dasarnya pertumbuhan dan perkembangan adalah perubahan yang menuju ke arah yang lebih maju dan positif.
PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pertumbuhan lebih menuju perubahan fisik, peningkatan jumlah sel, ukuran, kuantitatif, tinggi badan, berat badan, ukuran tulang, gigi, dan memiliki pola bervariasi. Sedangakan pekembangan bersifat kualitatatif, progresif dan berkesinambungan.

Pendidikan
Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi.
( sumber: wikipedia)

Pembelajaran
Proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
( sumber: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Drs. H. Syamsu Yusuf LN. Pd.)

LATIHAN
   Suatu Proses yang sistematis dari berlatih atau bekerja yang dilakukan secara berulang – ulang, sehingga semakin hari jumlah beban latihannya semakin bertambah.
( sumber: www.wordpress.com)
PERSAMAAN PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN DAN LATIHAN
            Persamaannya hanya terletak pada sifatnya yang menuju proses dimana yang tadinya tidak bisa menjadi bisa.
PERBEDAAN PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN DAN LATIHAN
            Perbedaannya pendidikan lebih kepada penanaman moral, akhlak, dan etika kepada individu. Pembelajaran lebih cenderung kepada pemberian materi ajar secara formal ataupun non formal. Sedangkan  latihan lebih kearah pelatihan, tekhnik, cara, praktek, tentang sesuatu hal yang sedang dipelajarinya.

Tahapan Perkembangan
Penahapan atau pembabakan rentang perjalanan kehidupan individu yang diwarnai ciri – ciri khusus atau pola – pola tingkah laku tertentu.
( sumber: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Drs. H. Syamsu Yusuf LN. Pd.)

Tugas Perkembangan
            Suatu tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang waktu kehidupan individu, yang apabila tugas itu dapat berhasil dituntaskan akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam menuntaskan berikutnya: sementara apabila gagal, maka akan menyebabkan ketidakbahagiaan pada diri individu yang bersangkutan, menimbulkan penolakan masyarakat, dan kesulitan – kesulitan dalam menuntaskan tugas – tugas berikutnya.
( sumber: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Drs. H. Syamsu Yusuf LN. Pd.)

Tidak ada komentar: