ANTAREZ CORPORATED: LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKUM

WELCOME TO MY BLOG

SALAM GEOGRAFI

WELCOME TO MY BLOG!!!

ENJOY THE TRIP

Selasa, 21 Desember 2010

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN SEKUM

LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN PENGURUS
LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGKAJIAN INTELEKTUAL MAHASISWA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Bismillahirohmanirohim.
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu,

“Kita Mahasiswa Ilmiah!!!”

Segala puji hanya milik Allah aza wajalla, dengan kehendaknya saya masih mampu bertahan dalam terpaan krisis kesadaran pentingnya berorganisasi. Solawat beserta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan nabi pemberi makna akan pola berfikir ilmiah, tidak lain beliau adalah nabi akhir zaman Muhammad SAW.

Sebagai sekertaris umum yang disini diposisikan secara struktural setelah Direktur, sejak awal mengemban amanah tersebut, saya sangat menyadari akan beban tanggung jawab yang sangat besar. Disisi lain amanah ini memberikan banyak hal untuk dapat berkreasi dan berinovasi dalam membangun karakter berorganisasi. Diluar tugas utama sebagai pemegang administrasi, pada satu periode yang sudah terlewat ini, terdapat suatu kewajiban untuk melaporkan berbagai kondisi yang terjadi selama kepengurusan berlangsung.

Kondisi objektif
Ketika melaksanakan fungsi dan peran sebagai sekretaris umum. Tugas – tugas yang sifatnya wajib hampir semuanya dipenuhi secara baik. Seperti halnya pencatatan surat masuk dan keluar, menggantikan fungsi dan peran Direktur ketika berhalangan dan sebagainya. Secara pribadi hal tersebut tidak sepenuhnya berjalan dengan mulus ketika beberapa bulan kepengurusan telah dilalui. Berkaitan dengan hal tersebut dikarenakan ada amanah lain yang saya terima diluar LEPPIM baik yang sifatnya wajib maupun yang kondisional. Meskipun amanah besar lain itu saya terima berdasarkan ijin dan dukungan pengurus LEPPIM lainnya terutama Direktur sebagai pucuk pimpinan tertinggi, Perasaan akan ketidakmampuan atas segala keterbatasan yang dimiliki tetap saja menjadi beban tersendiri.
Bersyukur seketika itu pula toleransi yang begitu besar dari Direktur yang tidak jarang menutupi segala keterbatasan yang dimiliki sekretaris umum. Tidak ada ungkapan lain selain ucapan terimakasih atas segala kerjasama yang begitu indah dari seluruh pengurus.

Evaluasi dan Rekomendasi
Sebagai insan organisator, menindaklunjuti berbagai pergerakan yang telah dilalui mutlak dilakukan. Pergerakan itu sama sekali menyangkut dengan berbagai idealisme yang terkadang bisa juga di nilai kurang optimal. Refleksi dan memberikan penilaian tersebut ditujukan untuk perbaikan kedepan. Berikut adalah beberapa hal yang sekiranya patut di evaluasi dan semoga dapat dijadikan rujukan untuk pengurus yang akan datang, antara lain:
1.      Tidak dapat dipungkiri bahwa semangat berorganisasi yang fluktuatif menjadi hambatan tersendiri yang seyogiayanya disikapi dengan khas sesuai kebutuhannya sendiri. Saling memotivasi dan stimulasi sekiranya menjadi solusi praktis ditambah dengan refresh sejenak keluar dari koridor rutinitas organisasi tidak ada salahnya dilakukan.
2.      Adanya amanah baru yang diterima oleh sekretaris umum sedikit banyaknya turut berpengaruh dalam kinerja organsasi. Konsentrasi penuh ketika telah mengemban amanah merupakan satu-satunya cara untuk mengantisipasi segala keterbatasan individu agar tidak lalai dalam memenuhi tanggung jawab.
3.      Dengan diversitas jadwal kuliah yang berbeda disamping kepentingan-kepentingan individu pengurus jangan kiranya dijadikan hambatan besar, karena hal tersebut adalah realitas yang tidak bisa dihindari melainkan kecerdikan singkronisasi dan menghilangkan egosentris harus sama-sama dipahami. Dengan menumbuhkan rasa kekeluargaan pasti dapat diatasi.

Pentupan
Sampai disini laporang pertanggung jawaban dari Sekretaris Umum, namun bukan berarti sampai disini perjuangan saya untuk terus memperbaiki dan memajukan LEPPIM sebagai organisasi paling strategis dalam mengangkat kredibilitas UPI di tingkat nasional. Semoga LEPPIM semakin jaya, Terimakasih.

Bandung, 19 November 2010

Sekretaris Umum



M. Maulana Hidayat

Tidak ada komentar: