ANTAREZ CORPORATED: Contoh Skrip Film Sederhana

WELCOME TO MY BLOG

SALAM GEOGRAFI

WELCOME TO MY BLOG!!!

ENJOY THE TRIP

Selasa, 21 Desember 2010

Contoh Skrip Film Sederhana


PEMANFAATAN AIR PANAS DAN BELERANG DI CIATER SUBANG JAWA BARAT

Sutradara: Maulana
Narator : Nurul
Aktor + Artis : Angga, Lulu, Euis
No
scene
Video
Audio
1 beres
Muncul Logo dan disertai tulisan judul PEMANFAATAN AIR PANAS DAN BELERANG DI CIATER SUBANG JAWA BARAT, disusul tulisan PENDAHULUAN PRODUKSI FILM.
Musik Jingle
“Peterpan – Langit Tak Mendengar”
2

Keindahan Panorama Indonesia
Di Isola dan Penggambaran kondisi geografi daerah Ciater Subang, mulai dari pepohonannya, fasilitas yang ada disana serta antusias para pengunjung yang datang kesitu.
Backsound
“Enigma Return to Innonence”
NARRATOR (OFF CAMP):
Indonesia adalah negara yang kaya akan pemandangan alam serta panoramanya yang memukau, selain itu banyak juga sumber daya alam di Indonesia yang dapat di ekspolarasi untuk kebutuhan manusia. Dan salah satu tempat yang tepat untuk melihat panorama serta menikmati sumber daya alam yang indah adalah di Sari Ater Subang Jawa Barat, selain dapat melihat keindahan pemandangan alamnya kita juga dapat menikmati  air panas dengan kandungan belerangnya yang tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Inilah alasan mengapa Sari Ater menjadi tempat wisata sekaligus untuk merefresh segala penat sekaligus bisa dikatakan wisata yang menyehatkan.
4 beres
Saat siang di sebuah rumah kosan, tampak lokasi rumah tersebut dari kejauhan.
Instrumen
“Final Destination”
5 beres
Didepan rumah kosan datang 2 orangkemudian duduk dilesehan keramik dan sambil memasang tampang yang BT. Kemudian si A menyalakan musik di HP nya.
Musik
“Ahmad Dhani  -   Sensasi Plong”
6 beres
Si A mendapat ide ketika mendengar musik tersebut.
Backsound : “Ahmad Dani  - Sensasi Plong”
A : Is, kita setiap beres UAS kaya ga ada kerjaan gini ya?
E : iya juga ya, emank kita mau ngapain lagi atuh? Nikmatin aja masa liburan ini dengan bermalas – malasan!
A : ahk, kamu mah ga rame,, gimana kalo kita jalan - jalan aja ketempat yang indah dan bersih terus kita bisa refreshing otak juga gara – gara UAS kemaren yang dapet IP 1,8. Pengen buang sial juga!!!haha
E : hahaha,, iya juga ya, aq juga pengen ngilangin stres pasca presentasi laporan praktikum kemaren, keinget terus waktu dimarahin ma dosen. Eh, btw mank kita mau jalan – jalan kemana?
A : Nah itu dia aq belum tau tempatnya,,
E : Beuhk!!! Kirain uda tau,, ke bonbin aja atuh?
A : mau silaturahmi?? Ga mau akh,, ke Ciwalk aja ya?
E : Eh, gila lu,, masa mw ngilangin stres malah ke tempat kaya gitu.
A : Trus kemana atuh,, aq jg bingung,,
7 beres
Si A Mendapat panggilan Telefon dari si L, dan muncul tampilan gambar antara si penelpon dan yang ditelefon.
Suara dering telefon
“Ungu – CIDAHA”
8 beres
A menjawab panggilan telefon dari L, dan si E pergi ke kamar dan membawa tas nya yang berniat untuk pulang ke rumah kosannya.
Backsound
“Trouble is a Friend”
A : Hallo, Assalamualaikum lu ada apa?
L : Waalaikumsalam ga,, eh refreshing yu ke ciater? Kita ilangin penat pasca UAS?
E : (masuk ke kamar dan mengambl tas)
A : Tempatnya asik ga lu?
L : Tempatnya asik donk, kan disana ada pemandian air panas yang dicampur juga ma belerang ,selain itu pemandangannya keren abis,, jadi fikiran yang penat ini pasti bakal fresh lagi. Gimana mau ga?
A: oh gitu? Hayu atuh,, aq juga bawa si Euis  ya biar tambah rame. Yawda kita langsung ketemu disana ya sekarang!
L : Sip, aq OTW skr ya,, Wass
A : civ lah,, Waalaikumsalam,,

9 beres
A mengajak E ke Ciater
Backsound
1.       “Trouble is a friend”
2.       “Warteg Boys – Okelahkalobegitu, saat E Mengucapkan Okelahkalobegitu”
A : is tadi si lulu nelfon, dia ngajak kita pergi ke Ciater. Mau ikut ga?
E : oh yang di Subang ya?
A : iya, disana pemandangannya bagus trus cewenya juga cantik – cantik (tertawa kecil) dan disana juga ada pemandian air panas yang mengandung belerang, jadi sekalian buat jaga kesehatan kulit juga.
E : yeehh,, kamu mah cewe mulu ga tobat apa pas uda ditolak cewe kemaren teh!!! Yasudah Okelahkalobegitu,,
A : civlah,, kita berangkat sekarang!!!
10 blm fix
Perjalanan Keciater dan keindahan panorama Alam’a
Musik
11 beres
A dan E bertemu dengan L di Ciater
Musik
“Creed – My Sacrifice”
A : indah banget ya pemandangan disini.
L : iya donk, justru itu aq ajak kalian kesini.
E : emank enaknya kita mandi air panas disini itu apa si?
L : jadi, kalo menurut buku yang pernah aq temuin. Kalo kita mandi dan di air itu, ada campuran sekian belerangnya, maka penyakit yang ada dibadan kita akan berkurang, seperti penyakit rematik, kerusakan anggota gerak, Gangguran Kandungan, Sistem Persyaeafan, cedera karena olah raga, dan penyakit kulit. Dengan begitu badan jadi segar dan fikiran pun akan damai apalagi ditambah pemandangannya yang pas banget buat ngilangin stres.
A + E : betul – betul,, ayo kita berendam air panas!!
L : (mengangguk)
A+E+L : (semua berlari dengan semangat ke pemandian air panas)
12
Kembali menggambarkan eksotisme Ciater dari pemandian air panas dan semua fasilitas yang ada disana.
Narator
Musik
“Zigas – Sahabat jadi Cinta”
13
Closing
Dan Muhasabah dari NURUL




Text Narasi
1.    Indonesia adalah negara yang kaya akan pemandangan alam serta panoramanya yang memukau, selain itu banyak juga sumber daya alam di Indonesia yang dapat di ekspolarasi untuk kebutuhan manusia. Dan salah satu tempat yang tepat untuk melihat panorama serta menikmati sumber daya alam yang indah adalah di Sari Ater Subang Jawa Barat, selain dapat melihat keindahan pemandangan alamnya kita juga dapat menikmati  air panas dengan kandungan belerangnya yang tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan. Inilah alasan mengapa Sari Ater menjadi tempat wisata sekaligus untuk merefresh segala penat sekaligus bisa dikatakan wisata yang menyehatkan.
2.    Rekan kita Angga, Euis dan Lulu akan mengajak kita ke jalan2 ke tempat pemnadian airpanas Sari Ater Subang Jawa Barat.
3.    Pemberangkatan kita mulai dari Ledeng Bandung  melewati daerah Lembang sampang dengan ke Sari Ater Subang kurang lebih 1 setengah jam. dalam perjalanan pun kita bisa menikmati indahnya pemandangan kebun teh daerah lembang serta sejuknya udara disana.
4.    Akhirnya kita sampai dipemandian air panas Sari Ater. Sebelum kita memasuki tempat pemandian air panas mari kita melihat – lihat apa saja yang ada di Sari Ater ini sambil menikmati pemandangan bersama rekan kita Angga, Euis dan lulu.
5.    Pemandian air panas disini cukup beragam, mulai dari yang kelas 1, kelas 2 dan tempat pemandian air panas umum lain yang tidak dipungut biaya. Untuk kelas 1 dan kelas 2 kita harus merogoh kocek kembali bila ingin masuk kedalamnya. Namun itu semua itu semua tidak seberapa dibandingkan dengan kepuasan batin yang kita dapat disana serta fasilitas – fasilitas yang lebih dibandingkan dengan pemandian air panas umum yang tidak dipungut biaya ulang. Tenang saja bagi yang dikelas umum pun tidak ada ruginya karena pemandangan alamnya lebih terlihat dibandingkan kelas khusus. Nikmatnya pemandangan serta kehangatan jiwa dan raga kita saat berendam di air panas. So apa salahnya kalo kita coba!!
6.    Begitu banyak gunung berapi di Indonesia, baik yang masih aktif maupun yang sedang “tidur”. Di dekat gunung-gunung berapi itu, hampir selalu ditemukan tempat-tempat wisata yang menyediakan fasilitas pemandian air panas atau air belerang. Air panas alami yang bersumber dari kawah gunung berapi itu, dialirkan dan ditampung di kolam-kolam renang atau kolam rendam milik para pengelola hotel dan cottage di sekitarnya.
7.    Sekarang kami akan memasuki kolam pemandian air panas kelas 2 Wangsa Dipa dengan harga tiket per orang 20.000, cukup murah kan? Namun ada beberapa yang harus diperhatikan sebelum kita berendam di kolam tersebut , bagi mereka yang lanjut usia / mengidap kealinan jantung, diabetes, atshma dan darah tinggi serta tengah mengadung, air panas yang berada di Sari ater ini bukan air panas biasa, disamping mengandung berbagai mineral alami, juga memiliki panas hingga 42oC, serta memiliki tingkat keasaman hingga pada ph 2,45. Jadi anda harus berhati – hati dalam pengaturan waktu berendam anda!!
8.       Ada mitos yang dipercaya sejak dulu bahwa air belerang dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, karena sejumlah kandungannya. Tetapi mitos itu, ada benarnya. Menurut berbagai penelitian, air belerang dari kawah gunung berapi, mengandung zat-zat seperti nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), besi (Fe), aluminium (Al), mangan (Mn), tembaga (Cu), seng (S) dan sulfur (S). Zat-zat kimia tersebut, secara medis sudah dibuktikan memang dapat menghilangkan berbagai penyakit kulit. Selain itu manfaat yang lainnya adalah seperti pnyembuhan penyakit rematik, kerusakan anggota gerak, gangguan kandungan, sistem persyarafan, cidera karena olah raga dan penyakit kulit.
Tentu saja manfaat air belerang itu baru efektif bila suhunya terjaga, kolam penampungannya cukup bersih, dan tidak terlalu sering kita berendam di dalamnya. Bila terlalu sering (apalagi kalau berlama-lama berendamnya) justru akan merusak kulit. Begitu pula bila kolam penampungannya tidak bersih (tidak mengalir) atau berendamnya beramai-ramai hingga membuat airnya cepat tercemar.
9.    kondisi air belerang di kolam pemandian air panas di kawasan Sariater, Bandung-Subang. Di sini, air belerangnya benar-benar terasa hangat, bahkan masih terlihat kepulan asap di permukaan airnya. bukan hanya kehangatan air belerangnya yang selalu terjaga konstan, melainkan juga kolamnya yang rajin dibersihkan. Sehingga airnya selalu terlihat jernih. Pemandangan di sekitarnya berupa bukit-bukit hijau dan pegunungan, membuat pengunjung semakin betah berendam di sana. Ditambah lagi dengan suhu udara di kawasan Sariater yang selalu terasa dingin, mengundang pengunjung untuk sebentar-sebentar memasukkan tubuhnya ke dalam kolam.
10.    Sayangnya, dalam hal menerapkan peraturan, Sariater kurang tegas. Meski di beberapa pojok dekat kolam rendam tertulis kewajiban menggunakan pakaian renang, nyatanya tak sedikit pengunjung yang berendam dengan menggunakan pakaian biasa, dan tidak ada tindakan dari petugas.
Berendam tanpa menggunakan pakaian renang memang kurang sedap dipandang. Apalagi bila pakaian yang dikenakannya berwarna putih transparan. Tak pernah ada teguran dari petugas untuk kelakuan pengunjung seperti itu. Memang, para petugas cukup rajin membersihkan areal kolam rendam. tapi, apa gak capek?
Waktu sudah semakin sore dan teman – teman kita pun kelihatannya sudah selesai berendam air panas, saatnya kita pulang ke bandung. Tidak akan terlupakan pengalaman berendam di kolam air panas Sari ater ini selain menyegarkan juga menyehatkan, tempat yang cocok untuk liburan...




Tidak ada komentar: